Kompeten Menyongsong Industri 4.0 lewat Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019

Yogyakarta menjadi tuan rumah ajang unjuk kemampuan siswa SMK. Pada tahun ini sebanyak 759 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 34 provinsi unjuk kemampuan di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019, di Yogyakarta. Event ini adalah kali ke-27 penyelenggaraannya, dan ini melombakan sebanyak 32 jenis bidang lomba. LKS SMK 2019 ini berlangsung dari 9 s.d. 12 Juli 2019 di beberapa lokasi di Yogyakarta dengan mengangkat tema “Kompeten Menyongsong Industri 4.0.”

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 dibuka di Sportarium UMY oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Diikuti dengan parade dari perwakilan masing-masing kontingen, laporan penyelenggaraan oleh panitia dan juga dimeriahkan dengan penampilan dari beberapa siswa SMK.

LKS atau Lomba Kompetensi Siswa SMK ini merupakan ajang yang mempertemukan para siswa berprestasi dengan para pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Beberapa konten didalamnya diantaranya ada workshop/seminar, pameran produk inovasi siswa, dan sertifikasi kompetensi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Ada juga Job Matching dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini. Sebanyak 61 Dunia Usaha dan Dunia Industri turut berpartisipasi dengan memberikan kesempatan kerja bagi Siswa SMK lewat Job Matching ini.

  1. Workshop Industri
    Workshop Industri ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengenalkan pada generasi muda Indonesia agar siap berdaya saing menghadapi era ekonomi digital. Workshop ini mengenalkan pasar digital ke kepala dan guru SMK, dalam rangka menjalankan Revolusi Industri 4,0. Workshop Industri yang digelar ini setiap harinya akan ada enam sesi workshop dengan tema berbeda.
  2. Job Matching
    Job Matching menjadi wadah bertemunya para pencari kerja tamatan SMK dengan dunia usaha dan industri. Ada 60 industri yang siap berbagi informasi dengan para pencari kerja ini. Peserta bisa langsung interview kerja, isi form, ada juga yang langsung ditest dengan industrinya.
  3. Gerakan Literasi Sekolah
    Pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 juga terpadat pojok literasi. Pojok literasi ini menjadi tempat untuk menambah wawasan karena ada sejumlah buku bacaan. Wahana ini sekaligus menghadirkan bagaimana cara pembuatan pojok baca, culinary literacy, dan memamerkan buku karya siswa SMK dan lainnya.
  4. Pameran
    Kegiatan ini menampilkan pameran Produk Inovatif Karya Siswa SMK dari 34 Provinsi, Pameran Produk Unggulan DIY, dan pameran industri.
  5. Fashion Show
    “Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia” menjadi tema pada fashion show dalam kegiatan LKS SMK 2019 ini. Mode busana muslim yang ditampilkan merupakan karya siswa SMK. Untuk mengikuti fashion show ini panitia membaginya dalam 3 waktu, yaitu pukul 10.00-11.00, 13.00-14.00, dan 15.00-16.00.

Beberapa kegiatan tersebut diselenggarakan di tempat yang berbeda dengan kegiatan opening ceremony LKS SMK 2019. Yaitu bertempat di Aula Arjuna A, Grha Pradipta Lantai 2, Jogja Expo Center (JEC). Dan untuk mengikuti acara ini Gratis!

Event LKS ini tidak hanya lomba namun juga ajang unjuk kerja yang dalam kesempatan lomba ini akan ditampilkan. Saat ini sudah saatnya untuk mendukung pendidikan di SMK. Beberapa prestasi diantaranya, Siswa lulusan SMK Indonesia meraih juara umum kompetisi World Skill Asia Tahun 2018 membuktikan prestasi siswa SMK, dengan dengan memborong 6 medali emas dan 3 perak, prestasi ini melebihi target 3 emas dari 17 bidang yang dilombakan.

Tahun lalu kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK ini mempertandingkan 56 bidang lomba tapi tahun 2019 ini hanya ada 32 bidang lomba. Dalam lomba ini, 29 dibiayai APBN, dan tiga sisanya sponsor.

Oh ya, disekitar lokasi opening ceremony yang diadakan di Sportarium juga ada beberapa booth yang menjajakan hasil karya siswa SMK sebagai oleh-oleh peserta atau pengunjung loh. Intip yuk!

Update tentang kegiatan ini juga bisa diikuti melalui akun twitter @DikdasmenDikbud dan Instagram @Dikdasmen_Kemdikbud.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: