Yang Wajib Dimiliki Oleh Pengendara Motor

Motor, kendaraan yang sangat familiar di Indonesia dan  sering dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari seperti berangkat kerja, kuliah, atau bahkan mengangkut barang. Frekuensi penggunaan motor yang tinggi bisa terjadi karena banyak permintaan dan kebutuhan. Oleh karena itu, masalah kecelakaan kendaraan bermotor sudah sering kita saksikan setiap hari.

Permintaan akan kendaraan bermotor juga semakin meninggi seiring penggunaannya sebagai transportasi online. Penghasilannya yang lumayan serta bisa bekerja secara fleksibel menjadi daya tarik bagi orang-orang yang ingin bekerja sebagai ojek online. Tingginya minat masyarakat akan ojek online membuat semakin tinggi juga permintaan akan kendaraan bermotor. Kita bisa lihat kemacetan di jalan raya yang lebih banyak didominasi oleh kendaraan motor. Dari situ kita bisa tahu bahwa pemilik motor jumlahnya sangat banyak.

Di jalan raya, pengendara motor biasanya memiliki risiko terkena kecelakaan, karena fasilitas pengamannya tidak sebaik mobil. Sistem keamanan mobil dilengkapi dengan air bag, sehingga jika terjadi kecelakaan luka yang didapat bisa diminimalisir. Sementara pengendara motor tidak memiliki sistem pengaman yang memadai.

Hal ini diperparah dengan kurangnya kesadaran pengguna motor dalam melindungi dirinya. Banyak dari mereka yang tidak menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) dan pelindung lainnya. Bahkan yang lebih parah, sering kita temui orang-orang yang mengendarai motor tanpa alat pengaman sama sekali. Hal ini tentu meningkatkan risiko kematian jika terjadi kecelakaan di jalan.

Jika terjadi kecelakaan motor seperti tabrakan dengan kendaraan lain, jatuh ke sungai atau jurang, tergelincir, menabrak bahu jalan, dan kecelakaan lainnya dampak yang diderita akan sangat besar. Bahkan jika terjadi kecelakaan motor yang parah bisa mengakibatkan kehilangan nyawa pengendara tersebut. Oleh karena itu seorang pengendara motor perlu memiliki asuransi.

Selain asuransi kendaraan yang melindungi tunggangan dari kerusakaan akibat banyak faktor seperti kecelakaan atau kebakaran, asuransi jiwa juga wajib dipunyai oleh pemotor. 

Kita harus melihat beberapa faktor sebagai pertimbangan jika ingin menggunakan asuransi jiwa. Pertama, apakah frekuensi kita dalam mengendarakan motor cukup sering? Serta berapa jarak yang kita tempuh setiap harinya? Jika kita sering mengendarai motor dalam jarak tempuh yang jauh, risiko terkena kecelakaan akan tinggi. Oleh karena itu asuransi jiwa penting untuk dimiliki, jika keseharian kita banyak bekerja dengan mengendarai motor.

Walau kita sudah berusaha untuk berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas ketika berkendara, faktor risiko kecelakaan akan datang dari pengendara lainnya. Kita tidak dapat mengetahui apakah pengendara lain sedang mengantuk sehingga tidak fokus atau ada masalah pada kendaraannya. Selain itu, jarak tempuh yang jauh bisa membuat pengendara motor menjadi kelelahan dan tidak fokus. Melihat faktor risiko tersebut, seharusnya kita sudah mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa.

Lalu yang kedua, faktor yang harus dipertimbangkan adalah soal tanggungan. Apakah kita sedang menanggung hidup orang lain atau tidak? Artinya kita berada pada posisi sebagai pencari nafkah, entah sebagai kepala keluarga atau tulang punggung keluarga. Jika sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka asuransi jiwa wajib untuk kita miliki. Hal ini karena kita sebagai pencari nafkah tentu harus menghidupi keluarga, lalu jika kita mengalami kecelakaan dan kehilangan nyawa asuransi jiwa bisa memproteksi tanggungan kita tadi.

Asuransi jiwa memang sangat penting untuk dimiliki oleh mereka yang kesehariannya sering menggunakan motor. Musibah atau kecelakaan yang terjadi tidak bisa kita prediksi begitu saja, namun perlindungan bagi diri dan anggota keluarga tentu bisa kita rencanakan dengan baik. Oleh karena itu, dengan memiliki asuransi jiwa biaya yang diakibatkan dari kecelakaan motor bisa dicover. Biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan pun tidak akan memberatkan perencanaan finansial kita.

Dengan memiliki asuransi jiwa, ada banyak sekali manfaat yang diterima oleh kita yang sering mengendarai motor. Selain mengurangi beban finansial akibat kecelakaan kendaraan, kepemilikan asuransi jiwa bisa menjamin masa depan dari anak atau keluarga kita. Kehilangan seseorang yang penting dalam hidup memang memberi beban psikologi yang berat, terlebih sebagai tulang punggung keluarga mereka juga akan terbebani secara finansial. Adanya asuransi jiwa setidaknya mengurangi beban tersebut dan menjamin masa depan anak serta keluarga kita.

1 thought on “Yang Wajib Dimiliki Oleh Pengendara Motor

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: