Syarat Punya Kartu Kredit Agar Mudah Disetujui Bank

Syarat Punya Kartu Kredit

Syarat Punya Kartu Kredit agar mudah disetujui bank tidak semua calon nasabah memenuhinya. Alhasil dari mereka ada yang disetujui dan ada yang ditolak oleh bank. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit

Pengertian Umum Kartu Kredit

Kartu Kredit, atau lebih dikenal dengan Credit Card atau CC biasa disebut sebagai kartu utang karena fungsinya yang dapat digunakan untuk meminjam uang ke bank penerbit dengan batas tertentu dan dibayar sebelum jatuh tempo. Pembayaran bisa secara cicil atau lunas. Bila terlambat, ada denda yang ditetapkan bank penerbit. 

Manfaat Kartu Kredit

1.Memberi kemudahan belanja online

Banyak situs belanja online saat ini di Indonesia menawarkan berbagai produk, yang dapat diakses melalui smartphone untuk memudahkan pemegang kartu kredit mendapatkan barang yang diinginkan dengan penawaran promo tertentu dengan mudah.

2. Banyak promo yang ditawarkan

Setiap bank penerbit kartu kredit, dalam tempo waktu tertentu terkadang memberikan promo atau diskon belanja dengan merchant tertentu untuk nasabah kartu kredit. Tak hanya itu, saat melakukan belanja dengan menggunakan kartu kredit, nasabah kartu kredit bisa juga berkesempatan mendapatkan reward dari penerbit kartu kredit, rewards ini bisa berupa cashback belanja, poin hingga rewards berupa hadiah langsung saat bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit.

3. Lebih mudah transaksi di luar negeri

Bagi anda yang sering bepergian ke luar negeri, terkadang ada beberapa masalah yang dihadapi saat transaksi. Mencari tempat penukaran uang, atau mencari atm bank dalam negeri yang ada disana. Nah Jika membawa uang tunai, risiko hilang atau habis akan lebih tinggi dibandingkan jika membawa kartu kredit. Dengan kartu kredit, beberapa transaksi di luar negeri akan lebih mudah dan aman.

4. Belanja dapat dibayar belakangan

Belanja dulu, bayar kemudian. Setiap transaksi kartu kredit yang dilakukan akan dibayarkan pada tagihan berikutnya. Jika semua tagihan dibayarkan secara penuh dan tepat waktu, nasabah atau pengguna kartu kredit tidak akan dikenakan bunga. Sementara bagi yang membayar dengan mencicil, biasanya ada promo berupa cicilan tanpa bunga alias bunga 0%, namun hanya untuk beberapa layanan kredit tertentu saja.

5. Kartu Kredit dapat digunakan untuk membayar kebutuhan mendadak

Pernahkah mengalami membutuhkan dana dalam kondisi singkat? Mungkin ini ada yang pernah mengalaminya. Kartu kredit menjadi salah satu solusi mendapatkan dana untuk membayar kebutuhan mendadak saat itu juga dan selanjutnya baru dilakukan pembayaran belakangan.

6. Kartu Kredit dapat digunakan membayar semua tagihan

Tidak harus membuang waktu hanya untuk membayar berbagai tagihan dengan mendatangi loket atau kantor pelayanan. Untuk pengguna kartu kredit, ketika sudah memiliiki kartu kredit tidak perlu repot melakukan pembayaran telepon, listrik, asuransi dan sebagainya setiap bulan karena semua tagihan bisa didaftarkan melalui 1 kartu kredit, dan ini bisa langsung membayar otomatis setiap kali tagihan datang.

7. Lebih aman dari penyalahgunaan

Pernahkan anda khawatir jika kartu anda hilang atau dicuri? Layaknya ATM atau kartu debit, kartu kredit pun bisa sementara waktu diblokir ketika hilang. Dengan menghubungi nomor layanan bank penerbit, pengguna kartu kredit bisa langsung memblokir kartu yang hilang tersebut.

8. Memudahkan melakukan kontrol pengeluaran

Dengan penggunaan kartu kredit, anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran bulanan. Anda bisa melakukan pencatatan semua transaksi yang telah dilakukan untuk dicocokan dengan pengeluaran yang menggunakan kartu kredit. Biasanya setiap bank penerbit kartu kredit memberikan layanan e-statement, riwayat transaksi yang bisa diakses sewaktu-waktu.

Syarat Punya Kartu Kredit

  • Usia Pemohon -> Usia calon nasabah pemohon kartu kredit setidaknya berusia 21 – 60 Tahun.
  • Pendapatan Minimum -> Calon nasabah pemohon kartu kredit memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimum Rp 4 juta per bulan.
  • Dokumen yang diperlukan -> Untuk melakukan pengajuan kartu kredit, calon nasabah bisa mempersiapkan dokumen resmi seperti KTP (WNI), KIM/KITAS (WNA), NPWP, Slip Gaji.

Beberapa syarat diatas bisa disiapkan pemohon atau calon nasabah kartu kredit untuk melakukan pengajuan kartu kredit kepada bank penerbit. Setelah itu jika sudah diajukan, pihak bank akan memvalidasi semua dokumen atau juga validasi data lainnya. Apabila disetujui beberapa hari kedepan calon nasabah akan menerima kartu kredit yang akan dikirimkan ke alamat nasabah.

Semoga informasi Syarat Punya Kartu Kredit bermanfaat untuk anda yang ingin memiliki kartu kredit.

You Might Also Like

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.