5 Tips Menemukan Mobil Bekas Berkualitas Ala Mobil88

5 Tips Menemukan Mobil Bekas Berkualitas Ala Mobil88

Sebelum mengenal Mobil88 mungkin masih banyak orang yang salah pilih saat membeli mobil bekas. Menemukan mobil berstatus second yang kualitasnya bagus memang tidak mudah. Butuh kejelian karena pengecekan tidak bisa hanya dilakukan pada beberapa bagian mobil, melainkan secara keseluruhan.

Anda tidak perlu paranoid menganggap semua mobil bekas kualitasnya buruk. Paling tidak tips menemukan mobil bekas berkuaitas ala Mobil88 ini bisa menjadi acuan supaya tidak salah pilih ketika membeli mobil second.

1.     Perhatikan Service Record

Sebelum deal dengan harga pastikan dulu mobil yang ingin dibeli punya catatan servis lengkap. Dari catatan tersebut Anda bisa mengetahui banyak hal, termasuk apakah servis dilakukan secara rutin atau tidak, apakah ada catatan minus pada komponen mobil, di bengkel mana servis dilakukan, dan sebagainya.

Service record cukup penting sebab bisa dibilang performa dan kondisi mobil ada di catatan tersebut. Intinya meskipun kondisinya bekas namun jika sebelumnya mobil diservis secara rutin, itu sudah mewakili bahwa mobil dirawat dengan baik. Dengan demikian kualitasnya tetap terjaga.

2.     Cek Bodi dan Eksterior

Cek dengan teliti bodi maupun bagian eksterior mobil lainnya. Pastikan komponen-komponen seperti pintu, kaca, dan kap mobil masih orisinil. Cek juga tekstur cat bodinya, jika ada bagian yang belang atau permukaan tidak rata ada kemungkinan mobil pernah melalui proses perbaikan yang tidak rapi.

Perhatikan juga bentuk atau struktur rangka (chassis) mobil. Pastikan tidak ada bekas benturan atau tabrakan.

3.     Cek Interior

Selanjutnya yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas yaitu melakukan pengecekan interior mobil. Ini mungkin butuh waktu sedikit lama karena banyak bagian yang perlu dicek seperti fungsi AC, switch lampu, kondisi jok, sistem audio, dan sebagainya.

Khusus bagian jok cobalah duduk sebentar di jok depan, jok belakang, dan belakang kemudi. Periksa juga bagian plafon, dashboard, dan karpet. Pastikan semuanya masih dalam kondisi bagus. Ada bau apek? Bau apek kadang salah satu indikasi mobil pernah terkena banjir.

4.     Cek Kondisi Mesin dan Komponen Lain

Jika ingin tahu cara mencari mobil bekas murah berkualitas, wajib hukumnya mengecek kondisi mesin. Bahkan bisa dibilang mengetahui performa mesin merupakan bagian terpenting dari proses pemeriksaan.

Pastikan bagian mesin dan sekitarnya tidak berkarat. Selanjutnya lakukan test drive. Cobalah starter dan perhatikan suaranya. Apabila terdengar suara agak ‘kasar’ ada kemungkinan performa mesin kurang bagus. Jika masih kurang yakin cobalah dikendarai beberapa ratus meter di jalan raya.

Selain bagian mesin, performa komponen lain juga perlu diperiksa. Pastikan sistem pengereman, transmisi, dan kemudi berfungsi dengan baik.

Pengecekan performa mesin dan komponen-komponen lain tidak bisa dianggap main-main. Anda dituntut memiliki pengetahuan cukup soal itu. Jika masih awam dengan kinerja mesin mobil maupun sistem kelistrikannya, jangan sungkan membawa mekanik profesional untuk membantu pengecekan. 

5.     Pastikan Dokumen Lengkap

Setelah puas dengan kondisi eksterior, interior maupun performa mesin, Anda bisa memutuskan untuk membelinya. Tapi jangan lupa pastikan dulu mobil tersebut memiliki dokumen lengkap sepertu faktur, STNK, dan BPKB. Khusus STNK perhatikan apakah ada keterlambatan pajak atau tidak. Sedangkan nomor rangka dan nomor mesin mobil harus sesuai dengan yang tercantum di BPKB. Membeli mobil bekas memang cukup berisiko, terlebih jika masih awam dengan seluk beluk mobil. Oleh sebab itu untuk menemukan mobil bekas berkualitas rekomendasinya hanya di Mobil88. Membeli mobil bekas di Mobil88 berarti Anda bebas dari rasa khawatir karena ada garansi untuk setiap mobil yang dibeli konsumen. Unduh aplikasi Mobil88 atau kunjungi mobil88.astra.id untuk mendapatkan informasi mobil bekas murah dan berkualitas. 

You Might Also Like

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.