Pasca Operasi, Hindari Hal-hal yang Bisa Memperlambat Proses Pemulihan Berikut Ini

Pasca Operasi

Proses pemulihan dibutuhkan setelah Anda menjalani operasi. Sebab, dibutuhkan proses pemulihan sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh dan tidak menimbulkan dampak panjang dikemudian hari. Selain itu, diperlukan obat-obatan yang bisa membantu mengatasi luka bekas operasi disamping obat hidung mampet dan hidung meler saat pasien menderita flu dengan beli disini (goapotik) atau di apotik terdekat. Di sisi lain, seorang pasien juga perlu menghindari beberapa makanan yang berpotensi menghambat proses pemulihannya pasca menjalani operasi. Apa sajakah hal tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya.

Kafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi menjadi minuman yang rutin diminum oleh beberapa orang. Manfaat kafein yang bisa membantu menjaga konsentrasi jadi alasan mengapa banyak orang membutuhkannya setiap hari. Tapi, ketika Anda baru saja selesai melakukan operasi, maka minuman berkafein jadi salah satu daftar minuman yang perlu dihindari.

Konsumsi minuman berkafein perlu dihindari karena bisa menghambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Setelah operasi, tubuh membutuhkan nutrisi yang lengkap agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Konsumsi obat juga perlu dilakukan secara rutin agar luka bekas operasi bisa mereda lebih cepat. Namun, konsumsi kopi dapat menghambat keduanya serta akan membuat pencernaan Anda terganggu nantinya. Oleh karena itu, hindari sementara konsumsi minuman berkafein setelah operasi sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh.

Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas jadi salah satu karakter makanan di Indonesia. Bahkan, banyak orang Indonesia yang sulit untuk makan apabila rasanya tidak pedas sama sekali. Namun, rasa pedas pada makanan perlu diwaspadai karena bisa berdampak pada sistem pencernaan. Terlebih pada Anda yang baru saja selesai melakukan operasi, makanan yang terlalu pedas jadi salah satu makanan yang wajib dihindari.

Walaupun makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan, namun makanan pedas perlu dihindari karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Iritasi tersebut bisa membuat Anda ingin lebih sering buang air besar dan membuat proses pemulihan luka bekas operasi berjalan lebih lambat.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi

You Might Also Like

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.